Sejarah Augmented Reality
Konsep pertama augmented reality dikenalkan oleh Morton Heilig,
seorang cinematographer pada tahun 1950an. Ketika itu Augmented Reality
membutuhkan sebuah alat yang besar sebagai alat output. Alat output dapat
berupa yang dipasang ditubuh kita (dikenal dengan nama HMD, Head Mounted
Device), ada juga yang berupa monitor, seperti monitor TV, LCD, monitor ponsel,
dll. Alat HMD pertama kali ditemukan pada tahun 1968 oleh Ivan Sutherland dari
Harvard University. Augmented reality dengan input berupa sensor GPS
diperkenalkan pada tahun 2003 dari hasil penelitian Loomis, dkk pada karya
ilmiahnya Personal guidance system for the visually impaired using GPS, GIS,
and VR technologies, pada tahun 1994.
Pada tahun 1996, [11] Rekimoto dalam karya
ilmiahnya Augmented Reality Using the 2D Matrix Code. In Proceedings of the
Workshop on Interactive Systems and Software memperkenalkan marker 2D untuk
pertama kalinya. Dua tahun kemudian ARtoolkit, augmented reality library
pertama kali diluncurkan oleh Kato
Pada tahun 2009 Lab MIT(Mistry, dkk) meneliti sixth sense
project dan Wear Ur World – A Wearable Gestural Interface dimana augmented
reality di implementasikan pada kehidupan sehari-hari.
Arsitektur Teknologi
Arsitektur teknologi ini tergolong simple, gambar arsitektur
dapat dilihat di bawah.
Arsitektur
Input
Input dapat berupa apa saja, contoh marker, gambar 2D, gambar 3D, sensor wifi, sensor gerakan, GPS, dan sensor-sensor yang lain.
Input dapat berupa apa saja, contoh marker, gambar 2D, gambar 3D, sensor wifi, sensor gerakan, GPS, dan sensor-sensor yang lain.
Kamera
Kamera disini sebagai perantara untuk input yang berupa gambar, baik itu marker, gambar 2D maupun 3D.
Kamera disini sebagai perantara untuk input yang berupa gambar, baik itu marker, gambar 2D maupun 3D.
Prosessor
Prosessor dibutuhkan untuk memproses input yang masuk dan kemudian memberikannya ke tahapan output.
Prosessor dibutuhkan untuk memproses input yang masuk dan kemudian memberikannya ke tahapan output.
Output
Dapat berupa HMD, monitor, seperti monitor TV, LCD, monitor ponsel, dll
Dapat berupa HMD, monitor, seperti monitor TV, LCD, monitor ponsel, dll
Bidang-bidang
yang pernah menerapkan teknologi Augmented Reality adalah:
- Kedokteran (Medical):
Teknologi pencitraan sangat dibutuhkan di dunia kedokteran, seperti
misanya, untuk simulasi operasi, simulasi pembuatan vaksin virus, dll.
Untuk itu, bidang kedokteran menerapkan Augmented Reality pada visualisasi
penelitian mereka.
- Hiburan (Entertainment): Dunia
hiburan membutuhkan Augmented Reality sebagai penunjang efek-efek yang
akan dihasilkan oleh hiburan tersebut. Sebagai contoh, ketika sesorang
wartawan cuaca memperkirakan ramalan cuaca, dia berdiri di depan layar
hijau atau biru, kemudian dengan teknologi augmented reality, layar hijau
atau biru tersebut berubah menjadi gambar animasi tentang cuaca tersebut,
sehingga seolah-olah wartawan tersebut, masuk ke dalam animasi tersebut.
- Latihan Militer (Military
Training): Militer telah menerapkan Augmented Reality pada latihan tempur
mereka. Sebagai contoh, militer menggunakan Augmented Reality untuk
membuat sebuah permainan perang, dimana prajurit akan masuk kedalam dunia
game tersebut, dan seolah-olah seperti melakukan perang sesungguhnya.
- Engineering Design: Seorang
engineering design membutuhkan Augmented Reality untuk menampilkan hasil
design mereka secara nyata terhadap klien. Dengan Augmented Reality klien
akan tahu, tentang spesifikasi yang lebih detail tentang desain mereka.
- Robotics dan Telerobotics: Dalam
bidang robotika, seorang operator robot, mengunnakan pengendari pencitraan
visual dalam mengendalikan robot itu. Jadi, penerapan Augmented Reality
dibutuhkan di dunia robot.
- Consumer Design: Virtual reality telah digunakan dalam mempromsikan produk. Sebagai contoh, seorang pengembang menggunkan brosur virtual untuk memberikan informasi yang lengkap secara 3D, sehingga pelanggan dapat mengetahui secara jelas, produk yang ditawarkan. (Anggriyadi,2012)
Kegunaan dan Fungsi
Ada berbagai teknologi yang bisa digunakan untuk augmented reality. Banyak proyek-proyek augmented reality yang menggunakan headgear (tutup kepala) atau device yang sejenis yang memproyeksikan data kedalam bidang penglihatan user, sesuai dengan objek atau ruang nyata yang user sedang amati. Dalam hal kursus teknik pemeliharaan PC, sebagai contoh, augmented reality bisa melapisi sebuah diagram skematik ke bagian dalam komputer, memungkinkan para pelajar untuk mengidentifikasi berbagai macam komponen dan mengakses spesifikasi teknis tentang mereka. PDA atau perangkat portable lainnya dapat menggunakan data GPS untuk menyediakan user dengan konteks –termasuk data yang berbasis visual, audio atau teks– tentang objek otau ruang yang nyata. Augmented reality bukan hanya pendamping file teks atau multimedia tapi sebuah teknologi yang didisain untuk melihat objek atau ruang yang nyata dan menyediakan user dengan informasi tepat pada waktu yang tepat. Augmented reality didisain untuk mengaburkan garis antara kenyataan yang pengguna alami dan konten yang disediakan oleh teknologi.
Ada berbagai teknologi yang bisa digunakan untuk augmented reality. Banyak proyek-proyek augmented reality yang menggunakan headgear (tutup kepala) atau device yang sejenis yang memproyeksikan data kedalam bidang penglihatan user, sesuai dengan objek atau ruang nyata yang user sedang amati. Dalam hal kursus teknik pemeliharaan PC, sebagai contoh, augmented reality bisa melapisi sebuah diagram skematik ke bagian dalam komputer, memungkinkan para pelajar untuk mengidentifikasi berbagai macam komponen dan mengakses spesifikasi teknis tentang mereka. PDA atau perangkat portable lainnya dapat menggunakan data GPS untuk menyediakan user dengan konteks –termasuk data yang berbasis visual, audio atau teks– tentang objek otau ruang yang nyata. Augmented reality bukan hanya pendamping file teks atau multimedia tapi sebuah teknologi yang didisain untuk melihat objek atau ruang yang nyata dan menyediakan user dengan informasi tepat pada waktu yang tepat. Augmented reality didisain untuk mengaburkan garis antara kenyataan yang pengguna alami dan konten yang disediakan oleh teknologi.
Penggunaan
Ada berbagai teknologi yang bisa digunakan untuk augmented
reality. Banyak proyek-proyek augmented reality yang menggunakan headgear
(tutup kepala) atau device yang sejenis yang memproyeksikan data kedalam bidang
penglihatan user, sesuai dengan objek atau ruang nyata yang user sedang amati.
Dalam hal kursus teknik pemeliharaan PC, sebagai contoh, augmented reality bisa
melapisi sebuah diagram skematik ke bagian dalam komputer, memungkinkan para
pelajar untuk mengidentifikasi berbagai macam komponen dan mengakses
spesifikasi teknis tentang mereka.
PDA atau perangkat portable lainnya dapat menggunakan data
GPS untuk menyediakan user dengan konteks termasuk data yang berbasis visual,
audio atau teks tentang objek atau ruang yang nyata. Augmented reality bukan hanya
pendamping file teks atau multimedia tapi sebuah teknologi yang didesain untuk
melihat objek atau ruang yang nyata dan menyediakan user dengan informasi tepat
pada waktu yang tepat. Augmented reality didesain untuk mengaburkan garus
antara kenyataan yang pengguna alami dan konten yang disediakan oleh teknologi.
Ada 3 jenis AR yang banyak diketahui :
1. Head Mounted Display. Terdapat dua tipe utama perangkat Head-Mounted Display (HMD) yang digunakan dalam aplikasi realitas tertambah, yaitu opaque HMD dan see-through HMD.
2. Opaque Head-Mounted Display. Ketika digunakan di atas satu mata, pengguna harus mengintegrasikan padangan dunia nyata yang diamati melalui mata yang tidak tertutup dengan pencitraan grafis yang diproyeksikan kepada mata yang satunya. Namun, ketika digunakan menutupi kedua mata, pengguna mempersepsikan dunia nyata melalui rekaman yang ditangkap oleh kamera.
3. See-Through Head-Mounted Display. Tidak seperti penggunaan opaque HMD, see-through HMD menyerap cahaya dari lingkungan luar, sehingga memungkinkan pengguna untuk secara langsung mengamati dunia nyata dengan mata. Selain itu, sebuah sistem cermin yang diletakaan di depan mana pengguna memantulkan cahaya dari pencitraan grafis yang dihasilkan komputer. Pencitraan yang dihasilkan merupakan gabungan optis dari pandangan atas dunia nyata dengan pencitraan grafis.
Sumber :
http://arifrahmanhakim.blog.binusian.org/2011/01/14/augmented-reality/
http://www.hasanalatas.com/?p=218
http://satrya-blog.blogspot.com/2011/11/pengertian-ar-vr.html
http://belajar-ar.blogspot.com/2010/05/sejarah-augmented-reality_28.html
http://augmentedrealityindonesia.com/