V-Class PRETEST : RENCANA TES PENERIMAAN

  1. Menurut Anda apa yang akan terjadi jika diakhir Tes Penerimaan ternyata fungsi-fungsi yang ada tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan di awal proyek, jelaskan. 

Menurut Saya : 

Jika di akhir tes penerimaan ternyata fungsi-fungsi yang ada tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan di awal proyek maka akan terjadi protes atau complain, dalam hal ini user (pengguna proyek) karena tidak sesuai dengan apa yang sudah ditulis di pernyataan bahwa produk yang dibuat sesuai dengan yang dijanjikan. Tim proyek dengan penuh harapan memperbaiki masalah langsung di tempat pengujian. Jika itu masalah utama maka tes ditunda sampai masalah dapat diperbaiki. Dalam teori hanya tes yang gagal yang diulang, walaupun user memiliki hak untuk menjalankan kembali tes yang diterimanya sesudah perbaikan.

Hal ini akan menimbulkan biaya dan waktu lebih untuk memperbaiki kesalahan bagi pengembang. Belom lagi jika adanya cas atau finalti jika proyek lewat dari batas waktu, bukannya keuntungan walah kerugian yang didapat bagi pihak pengembang. Hal ini masih diperparah oleh citra pengembang yang jatuh akibat kekecewaan user. Maka manajemen resiko harus dibangun dengan perhitungan yang matang. Dan mungkin tidak hanya terjadi protes atau complain dari user , bahkan bisa lebih dari itu. Seperti pembatalan kontrak atau pengembalian beberapa persen uang yang telah di investasikan oleh user kepada si pembuat proyek (Tim Proyek).