ISO

ISO 14001: Sistem Manajemen Lingkungan

ISO 14001 adalah standar yang diakui secara internasional untuk pengelolaan lingkungan bisnis. Menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan adalah cara terbaik untuk mengendalikan dampak perusahaan Anda memiliki terhadap lingkungan.
Penghematan biaya dapat dilakukan melalui peningkatan efisiensi dan produktivitas dengan mendeteksi cara untuk menggunakan sumber daya secara lebih efisien, meminimalkan produksi limbah dan membuang lebih efektif. Memverifikasi sesuai dengan undang-undang saat ini dan membuat asuransi lebih mudah diakses.
ISO 14001 semakin dilihat sebagai cara yang paling dapat diandalkan untuk menunjukkan persyaratan kinerja lingkungan di dokumen tender dan kuesioner pra-kualifikasi.
Biaya
Semua biaya kami sepenuhnya inklusif - tidak ada biaya tersembunyi! Harga kami sangat kompetitif melalui efisiensi penggunaan sumber daya kami dan sistem TI canggih.
Biaya (UK) - Harga kami mulai dari hanya £ 249, kami memiliki tarif preferensial untuk bisnis berbasis di West Midlands, silahkan hubungi kami.

ISO / IEC 9995

Mendefinisikan kerangka kerja untuk tata letak semua keyboard alfanumerik dan numerik di seluruh spektrum terluas saat ini dan aplikasi yang akan datang menggunakan keyboard. Fungsi yang harus dilakukan oleh keyboard dikelompokkan menjadi tiga kategori yang sesuai dengan bagian fisik utama keyboard.
Penerapan ISO / IEC 9995 dalam desain keyboard akan memberikan pengguna dengan bersatu, diprediksi user interface-mesin dengan membagi keyboard ke daerah-daerah fungsional dan bagian dan mengalokasikan fungsi untuk tombol.

ISO / IEC 9995-1: 2009 

Mengidentifikasi bagian keyboard dan menentukan bentuk umum dan relatif penempatan bagian. Spasi kunci dan karakteristik fisik yang dibahas, seperti juga prinsip-prinsip yang mengatur penempatan karakter dan simbol pada tombol. ISO / IEC 9995-1: 2009 menetapkan sistem penomoran kunci yang berlaku untuk semua jenis numerik, alfanumerik dan keyboard komposit peralatan teknologi informasi.

ISO / IEC 9995-3: 2010

ISO / IEC 9995 mendefinisikan kerangka kerja untuk tata letak semua keyboard alfanumerik dan numerik di seluruh spektrum terluas saat ini dan aplikasi yang akan datang menggunakan keyboard. Fungsi yang harus dilakukan oleh keyboard dikelompokkan menjadi tiga kategori yang sesuai dengan bagian fisik utama keyboard.
Penerapan ISO / IEC 9995 dalam desain keyboard akan memberikan pengguna dengan bersatu, diprediksi user interface-mesin dengan membagi keyboard ke daerah-daerah fungsional dan bagian dan mengalokasikan fungsi untuk tombol.

LSO / IEC 9995-3: 2010 mendefinisikan alokasi pada keyboard sekumpulan karakter grafis yang, bila digunakan dalam kombinasi dengan yang ada versi nasional tata letak keyboard atau Latin tata letak kelompok pelengkap sebagaimana didefinisikan dalam ISO / IEC 9995-3: 2010 , memungkinkan masukan dari repertoar karakter minimum seperti yang didefinisikan oleh koleksi 281 (MES-​​1) ditetapkan dalam ISO / IEC 10646 dan mengusulkan ekstensi repertoar minimum ini.

ISO 9241-11: Pedoman Usability (1998)

Standar ini (yang merupakan bagian dari seri ISO 9241) memberikan definisi kegunaan yang digunakan dalam standar ergonomis terkait selanjutnya:
Kegunaan: sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai tujuan tertentu dengan efektivitas, efisiensi dan kepuasan dalam konteks tertentu digunakan.

ISO 9241-11 

Menjelaskan bagaimana mengidentifikasi informasi yang perlu untuk mempertimbangkan ketika menentukan atau mengevaluasi kegunaan dalam hal ukuran kinerja pengguna dan kepuasan. Bimbingan yang diberikan adalah cara untuk menggambarkan konteks penggunaan produk dan langkah-langkah dari kegunaan secara eksplisit. Ini mencakup penjelasan tentang bagaimana kegunaan dari produk dapat ditentukan dan dievaluasi sebagai bagian dari sistem mutu, misalnya satu yang sesuai dengan ISO 9001.
Ini juga menjelaskan bagaimana ukuran kinerja pengguna dan kepuasan dapat digunakan untuk mengukur seberapa komponen dari sistem kerja mempengaruhi kualitas sistem secara keseluruhan digunakan.

ISO / IEC 9126: evaluasi produk Software - Karakteristik mutu dan pedoman untuk mereka gunakan (1991)

Dalam komunitas rekayasa perangkat lunak kegunaan jangka telah lebih sempit dikaitkan dengan desain antarmuka pengguna. ISO / IEC 9126, dikembangkan secara terpisah sebagai standar rekayasa perangkat lunak, didefinisikan kegunaan sebagai salah satu kontribusi yang relatif independen untuk kualitas perangkat lunak yang berhubungan dengan desain dan evaluasi antarmuka pengguna dan interaksi:
Kegunaan: satu set atribut yang dikenakan pada usaha yang diperlukan untuk digunakan, dan pada penilaian individu penggunaan tersebut, oleh yang dinyatakan atau tersirat set pengguna.

ISO / IEC FDIS 9126-1: Rekayasa Perangkat Lunak - Kualitas produk - Bagian 1: Model Kualitas (2000)

ISO / IEC 9126 (1991) baru-baru ini telah digantikan oleh empat bagian standar baru yang telah mendamaikan dua pendekatan untuk kegunaan. ISO / IEC 9126-1 menjelaskan sama enam kategori kualitas perangkat lunak yang relevan selama pengembangan produk: fungsionalitas, keandalan, kegunaan, efisiensi, pemeliharaan dan portabilitas:

Definisi kegunaan:
Kegunaan: kemampuan produk software untuk dipahami, dipelajari, digunakan dan menarik bagi pengguna, bila digunakan dalam kondisi tertentu.
Ungkapan "bila digunakan dalam kondisi tertentu" (setara dengan "konteks penggunaan" di ISO 9241-11) ditambahkan untuk membuat jelas bahwa produk tidak memiliki kegunaan intrinsik, hanya kemampuan untuk digunakan dalam konteks tertentu.
Standar sekarang mengakui bahwa kegunaan memainkan dua peran (Bevan 1999): kegiatan desain perangkat lunak rinci (tersirat oleh definisi kegunaan), dan tujuan keseluruhan bahwa perangkat lunak memenuhi kebutuhan pengguna (mirip dengan ISO 9241-11 konsep kegunaan) . ISO / IEC 9126-1 menggunakan istilah "kualitas digunakan" untuk tujuan yang luas ini:
Kualitas digunakan: kemampuan produk software untuk memungkinkan pengguna tertentu untuk mencapai tujuan tertentu dengan efektivitas, produktivitas, keamanan dan kepuasan dalam konteks tertentu digunakan.
Kualitas yang digunakan adalah efek gabungan dari enam kategori kualitas perangkat lunak bila produk sedang digunakan. Tujuan keseluruhan adalah untuk mencapai kualitas yang digunakan, baik untuk pengguna akhir dan pengguna dukungan. Fungsionalitas, keandalan, efisiensi dan kegunaan menentukan kualitas digunakan untuk pengguna akhir dalam konteks tertentu. Pengguna dukungan berkaitan dengan kualitas digunakan pemeliharaan dan portabilitas tugas.
Bagian lain dari ISO / IEC 9126 mendefinisikan metrik untuk kegunaan dan kualitas digunakan.

ISO / IEC 9126: Rekayasa Perangkat Lunak - Kualitas produk

ISO / IEC 9126-1
Mendefinisikan kegunaan dalam hal saling pengertian, learnability, pengoperasian dan daya tarik. Bagian 2 dan 3 mencakup contoh metrik untuk karakteristik ini. Ini dapat digunakan untuk menentukan dan mengevaluasi kriteria kegunaan rinci.
Bagian 2: metrik Eksternal (DTR: 2001)
Laporan teknis ini menjelaskan metrik yang dapat digunakan untuk menentukan atau mengevaluasi perilaku perangkat lunak ketika dioperasikan oleh pengguna. Misalnya: berapa lama waktu yang diperlukan untuk belajar menggunakan fungsi, dapat pengguna membatalkan fungsi, jangan pengguna merespons dengan tepat dengan pesan kesalahan?
Bagian 3: metrik internal (DTR: 2001)
Laporan teknis ini menjelaskan metrik yang dapat digunakan untuk membuat persyaratan yang yang menggambarkan sifat statis dari interface yang dapat dievaluasi dengan pemeriksaan tanpa operasi perangkat lunak. Misalnya: apa yang proporsi fungsi didokumentasikan, berapa proporsi fungsi dapat dibatalkan, berapa proporsi atau kesalahan pesan yang jelas diri?

ISO / IEC 11581 simbol Ikon dan fungsi

Bagian 1: Ikon - Umum (2000)
Bagian ini berisi kerangka kerja untuk pengembangan dan desain ikon, termasuk persyaratan umum dan rekomendasi yang berlaku untuk semua ikon.
Bagian 2: ikon Object (2000)
Bagian ini berisi persyaratan dan rekomendasi untuk ikon yang mewakili fungsi oleh asosiasi dengan obyek, dan yang dapat dipindahkan dan dibuka. Hal ini juga berisi spesifikasi untuk fungsi dan penampilan 20 ikon.
Bagian 3: ikon Pointer (2000)
Bagian ini berisi persyaratan dan rekomendasi untuk 8 ikon pointer yang umum digunakan yang mewakili pointer yang terkait dengan perangkat input fisik. Hal ini juga menentukan bagaimana ikon pointer mengubah penampilan untuk memberikan umpan balik pengguna.
Bagian 4: ikon Control (CD: 1999)
Bagian ini berisi persyaratan dan rekomendasi untuk 14 ikon kontrol yang umum digunakan yang memungkinkan pengguna untuk beroperasi pada jendela, daftar dan elemen grafis lainnya.
Bagian 5: ikon Tool (FCD: 2000)
Bagian ini berisi persyaratan dan rekomendasi untuk 20 ikon yang umum digunakan alat bantu, dan menentukan hubungan antara alat dan pointer ikon
Bagian 6: ikon Action (1999)
Bagian ini berisi persyaratan dan rekomendasi untuk 23 ikon yang umum digunakan biasanya digunakan pada toolbar yang mewakili tindakan oleh asosiasi dengan benda-benda yang meminta pengguna untuk mengingat tindakan yang dimaksudkan.

ISO / IEC 10741-1: Dialog interaksi - kontrol kursor untuk mengedit teks (1995)
Standar ini menentukan bagaimana kursor harus bergerak pada layar dalam menanggapi penggunaan tombol kontrol kursor.
ISO / IEC 18021 FCD: Teknologi Informasi - User Interface alat bantu mobile (2001)
Standar ini berisi spesifikasi antarmuka pengguna untuk PDA dengan kemampuan pertukaran data dengan server yang sesuai.

ISO 14915: ergonomi Software untuk antarmuka pengguna multimedia

Bagian 1: Prinsip-prinsip desain dan kerangka (DIS: 2000)
Bagian ini memberikan sebagai pengantar keseluruhan dengan standar.
Bagian 2: kontrol Multimedia dan navigasi (CD: 2000)
Bagian ini memberikan rekomendasi untuk struktur navigasi dan alat bantu, kontrol media, kontrol dasar, pedoman media kontrol untuk media yang dinamis dan kontrol dan navigasi yang melibatkan beberapa media.
Bagian 3: Media seleksi dan kombinasi (DIS: 2000)
Bagian ini memberikan panduan umum untuk pemilihan media dan kombinasi, pemilihan media untuk jenis informasi, kombinasi media dan integrasi dan mengarahkan perhatian pengguna.
Bagian 4: Domain antarmuka multimedia tertentu (AWI)
Bagian ini dimaksudkan untuk menutupi pelatihan berbasis komputer, koperasi komputer yang didukung kerja, sistem kios, on-line bantuan dan pengujian dan evaluasi.

IEC CDV TR 61997: Pedoman antarmuka pengguna dalam peralatan multimedia untuk tujuan umum (2000)
Laporan teknis ini memberikan prinsip-prinsip umum dan bimbingan desain rinci untuk pemilihan media, dan untuk mekanik, grafis dan pendengaran antarmuka pengguna.

Hardware 

Standar ini dapat digunakan dalam desain dan evaluasi kerja, layar, keyboard dan perangkat input lainnya. Berbeda dengan standar perangkat lunak, sebagian besar standar ini berisi persyaratan eksplisit. ISO 9241 dan ISO 13406 berisi persyaratan untuk tampilan terminal visual dalam kantor. Standar ini dapat digunakan untuk mendukung kepatuhan terhadap peraturan Eropa untuk penggunaan layar display (Bevan 1991) .Gestures untuk sistem berbasis pena yang dibahas dalam ISO / IEC 11064 14754.ISO berisi persyaratan ergonomis untuk desain pusat kontrol.
ISO 9241: Persyaratan ergonomis untuk pekerjaan kantor dengan terminal tampilan visual
ISO 9241 memberikan persyaratan dan rekomendasi yang berkaitan dengan atribut perangkat keras, perangkat lunak dan lingkungan yang berkontribusi terhadap kegunaan, dan prinsip-prinsip ergonomis yang mendasarinya. Bagian 3 sampai 9 berisi persyaratan desain hardware dan bimbingan.
Bagian ini menetapkan persyaratan ergonomi untuk perangkat input non-keyboard yang dapat digunakan dalam hubungannya dengan terminal tampilan visual. Ini mencakup perangkat seperti mouse, trackball dan perangkat pengarah lain. Hal ini juga termasuk tes kinerja. Itu tidak membahas masukan suara.

ISO 13406: Persyaratan ergonomis untuk bekerja dengan tampilan visual berdasarkan panel datar

Bagian 1: Pendahuluan (1999)
Bagian 2: Persyaratan ergonomis untuk panel layar datar (2001)
Standar ini menetapkan persyaratan kualitas gambar ergonomis untuk desain dan evaluasi panel layar datar dan menentukan metode penentuan kualitas gambar.

ISO AWI 18789: Persyaratan ergonomis dan teknik pengukuran untuk tampilan visual elektronik (1999)
Standar ini dimaksudkan untuk merevisi dan mengganti ISO 9241 Bagian 3, 7 dan 8 dan ISO 13406.
ISO / IEC 14754: antarmuka Pen berbasis - gerakan umum untuk mengedit teks dengan sistem berbasis pena (1999)

Standar ini mendefinisikan satu set perintah gerakan dasar dan umpan balik untuk antarmuka pena. Gerakan meliputi: pilih, menghapus, ruang insert, garis split, memindahkan, menyalin, memotong, pasta, gulir dan membatalkan.
ISO 11064: Desain ergonomis pusat kontrol
Standar delapan bagian ini berisi prinsip-prinsip ergonomis, rekomendasi, dan pedoman.
Bagian 1: Prinsip untuk desain pusat kontrol (2000) 
Bagian 2: Prinsip pengaturan kontrol suite (2000) 
Bagian 3: Kontrol tata letak ruangan (1999) 
Bagian 4: tata letak Workstation dan dimensi (CD: 2000) 
Bagian 5:-manusia antarmuka sistem (WD: 1999) 
Bagian 6: Persyaratan Lingkungan untuk ruang kontrol (WD: 2000) 
Bagian 7: Prinsip untuk evaluasi pusat kontrol (WD: 2000) 
Bagian 8: Persyaratan ergonomis untuk aplikasi khusus (WD: 2000)

Dukungan untuk undang-undang
Eropa Peralatan Tampilan Layar Directive (EEC, 1990) menentukan persyaratan ergonomis minimal untuk peralatan workstation dan lingkungan. Ini dapat dicapai oleh sesuai dengan ISO 9241 bagian 3-9. Petunjuk juga mensyaratkan bahwa "prinsip-prinsip ergonomi perangkat lunak" yang diterapkan dalam merancang antarmuka pengguna. ISO 9241 bagian 10 berisi prinsip-prinsip yang sesuai. Persyaratan lainnya untuk kemudahan penggunaan perangkat lunak dapat dipenuhi oleh sesuai dengan ISO 9241 bagian 12 -17.
The Mesin Directive (EC, 1998) mensyaratkan pemasok untuk menyediakan mesin yang memenuhi persyaratan kesehatan dan keselamatan yang penting, salah satunya adalah bahwa perangkat lunak interaktif adalah "user friendly".
Penyedia Directive (EEC, 1993) mensyaratkan bahwa spesifikasi teknis yang digunakan untuk pengadaan oleh badan publik harus mengacu pada standar yang relevan diadopsi oleh badan standar Eropa (CEN). Ini dapat mencakup standar antarmuka ergonomis dan user, asalkan mereka memiliki persyaratan kesesuaian eksplisit.
Negara-negara Uni Eropa memiliki legislasi nasional untuk menerapkan Directive ini.