Android / IOS

Perbandingan Android vs iOS

Tidak sedikit dari kita yang belum mengerti perbedaan iOS (iphone) dengan android?Apa kelebihan dan kekurangannya apa?
untuk pasar ponsel sekarang, mungkin android dan iOS merupakan produk yang paling populer,apple dan samsungmengalahkan dominasi nokia yang telah sekian lama merajai pasar ponsel indonesia maupun dunia. dan mungkin banyak diantara sahabat blogger yang bingung, mau beli iphone yang memakai iOS,atau samsung galaxy yang memakai andoid.

Perbedaan paling mendasar dari kedua platform ini adalah sifat dari pengembangannya, kalau android bersifat open source, yaitu kita sebagai user bisa mengotak-atik dengan bebas sesuai keperluan kita walaupun rada ngebingungin. dan iOS yg bersifat closed source, kita sebagai pengguna tidak bisa mengotak-atik tapi pihak apple sebagai pengembang menyediakan semua kebutuhan aplikasi sehari-hari kita.

Dan untuk urusan aplikasi pendukung, iphone bisa bangga, karena jumlah aplikasi yang terdaftar di apple appstore mencapai lebih dari 600.000 aplikasi, sedangkan jumlah aplikasi pendukung yang terdaptar di android market, lebih dari 500.000 aplikasi. tapi banyak pengamat teknologi yang memperkirakan, jumlah aplikasi android akan lebih cepat berkembang karena tidak ada system review di android market,tidak seperti di apple appstore, jadi ketika seseorang membuat aplikasi untuk android, aplikasi bisa langsung di publish ke android market, sedangkan apabila kita membuat palikasi untuk iphone atau ipad, kita harus menunggu konfirmasi dulu kalau aplikasi kita telah selesai tahapan review system,baru dipublish di apple appstore,ribet tapi keamanan buat pengguna lebih terjamin di banding aplikasi android yang tidak melalui review system,jadi keamanan aplikasi android lebih rawan penyimpangan ataupun malware.
Intinya, iOS itu bisa diibaratkan “teknologi yang mengerti anda” dengan semua kemudahan penggunaan dan tampilannya yang menawan, sedangkan android “anda yang mengerti teknologi” dengan semua oprekan-oprekan yang bisa sahabat blogger lakukan terhadap device android anda menjadikan sahabat lebih mengerti teknologi, mungkin pengibaratan ini bisa sedikit menggambarkan perbedaan dari android dan iOS.
Tapi sebagian orang memilih iOS itu berdasar dengan “kefanatikan” mereka, ada orang-orang yang fanatik dengan android, dan ada orang-orang yang “cinta” mati dengan produk-produk dari apple, terlebih dengan inovasi keindahanponsel iphone atau tablet ipad yang berbasis iOS.
Jadi, bagi anda yang gak suka sama hal-hal yang ngeribetin dan ngebingungin, atau suka dengan tampilan yang bagus, mungkin cenderung untuk memilih iOS, dan bagi anda yang suka ngoprek-ngoprek atau suka dengan hal yang baru, anda bisa mencoba ponsel-ponsel android,semua pilihan kembali ke anda. 

1.Open source :
- Banyak orang yang bilang lebih enak Android dikarenakan open source bisa di custom, etc.pertanyaannya : Pernahkah anda memakai iphone? Pernahkah anda jailbreak iphone?

Android : Seperti yang kita tahu android memang open source lu bisa dimodifikasi dan di custom, tapi repotnya anda harus mencari crack untuk menjalankan aplikasi tersebut, terkadang memang susah untuk mencarinya.
iOS : Cukup merepotkan, apalagi jika iOS anda tidak anda jailbreak hanya sebatas itu saja, tapi setelah anda jailbreak, semua bisa anda dapatkan dengan mudah
Score: 1-0
2.Apps and game :
- Sebuah pertanyaan menyatakan apa alasan anda membeli device dengan platform iOS? Aplikasinya mahal !! lebih enak android gratis, etc...
Android : Beberapa game yang bayar di iphone itu gratis di android, tapi anda kurang nyaman dengan popup iklannya dan perlu cara untuk menghilangkan iklan, dan beberapa apps di android ada pula yang berbayar
iOS : Game bagusnya memang mahal, apps gratis sebatas trial tapi tidak semua, ada juga yang gratis tapi bagus sama seperti android, cuman kalo sudah dijailbreak. Hal ini seperti layaknya android dengan root.
Score: 1-1
3. Android banyak pilihan :
-Android memang banyak pilihan beberapa vendor seperti motorola, sony , samsung, LG, HTC, etc. 
Android : Dari sisi Android banyak yang pakai seperti merk terkenal dalam dunia gadget, itu jadi sisi bagusnya Android, dikarenakan sering update maka gadget lama akan terpuruk harganya, memang terdapat sisi baiknya dimana perkembangan akan cepat di jangkau namun sisi negatifnya adalah purna jual dari device tersebut.
iOS : iOS memang keluar 1 tahun sekali dan juga devicenya juga nampak tidak ada perubahan yang significan, hal ini menyebabkan perkembangan yang akan lambat namun disisi baik, harga iOS lebih stabil dibandingkan dengan android
Score: 2-2

4. Hardware :
Hardware Android terkadang memang jauh di atas iOS secara spesifikasi, namun perlu diperhatikan juga dengan performa hardware iOS dengan manajemen system yang ada pada iOS
Android : secara spesifikasi hardware android dan iOS bisa dikatakan hampir berimbang, namun manajemen system iOS sedikit lebih unggul dibandingkan pada android (dapat anda lihat dari survey di atas)
iOS : hardware pada perangkat iOS secara spesifikasi hampir sama dengan android namun dikarenakan system manajemen yang ada maka membuat iOS lebih stabil tanpa perlu anda overclock, tweak dan sebagainya
Score: 2-3
5.Price :
well "again" it's about price tag. yes it is.. well di segmen memang perlu diakui bahwa Android menang mutlak.
Android : memang banyak pilihan dari murah sampai mahal tersedia. Semua tergantung dari kebutuhan pengguna dan kemampuan daya beli pengguna.
iOS : harganya memang jauh di atas android, dengan spek yang sama terkadang harga berlipat ganda
Score : 3-3
 KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM OPERASI ANDROid 
  •  Android bersifat terbuka, karena berbasis linux yang memang open source jadi bisa dikembangkan oleh siapa saja
  •  Akses mudah ke Android App Market : Pemilik android adalah orang yang gemar utak atik handphone, dengan Google Android App Market anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis
  • Sistem Operasi Merakyat : Ponsel Android, beda sekali dengan iOS yang terbatas pada iphone dari Apple, maka Android punya banyak produsen, dengan gadget andalan masing masing mulai HTC hingga Samsung
  • Fasilitas penuh USB. Anda bisa mengganti baterai, mass storage, diskdrive, dan USB tethering
  • Mudah dalam hal notifikasi : sistem operasi ini bisa memberitahukan Anda tentang adanya SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader. Bahkan anda tidak akan terlewat dalam hal misscall sekalipun
  • Mendukung semua layanan Google : sistem operasi Android mendukung semua layanan dari google mulai dari Gmail sampai Google reader. semua layanan google bisa anda miliki dengan satu sistem operasi yaitu Android
  • Install ROM modifikasi : kita kadang mendapati ROM yang tidak resmi. Maksudnya adalah versi yang telah rilis tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel kita, jalan terakhir kita adalah modifikasi. Jangan khawatir ada banyak custom ROM yang bisa Anda pakai di ponsel Android, dan dijamin tidak akan membahayakan perangkat anda.
  • Terhubung dengan internet : Android bisa dibilang sangat memerlukan koneksi internet yang aktif. Setidaknya harus ada koneksi internet GPRS di daerah anda, agar perangkat siap untuk online sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Perusahaan perangkat kadang lambat mengeluarkan versi resmi dari Android milik anda. Meskipun kadang tidak ada perbedaan mencolok dalam hal UI.
  • Android Market kurang kontrol dari pengelola, kadang masih terdapat malware.
  • Sebagai penyedia layanan langsung, terkadang pengguna sangat sulit sekali terhubung dengan pihak Google.
  • Kadang sering terdapat iklan : karena mudah dan gratis, kadang sering diboncengi iklan. Secara tampilan memang tidak mengganggu kinerja aplikasi itu sendiri, karena memang kadang berada di bagian atas atau bawah aplikasi.
  •  Boros Baterai, ya memang android lebih boros dibandingkan dengan OS yang lain. hal ini karena memang OS ini banyak “process” di background yang mengakibatkan baterai cepat habis
Kelebihan dan Kekurangan iOS
Berikut kelebihan dan kekurangan iOS akan diulas kusus untuk sobat komputologi semuanya. iOS merupakan sistem operasi buatan perusahaan teknologi terkenal Apple.inc. Sistem operasi tersebut disematkan dalam produk-produk apple seperti iphone maupun ipad. Kali ini komputologi akan mengulas kekurangan dan kelebihan iOS setelah kemarin sempat mereview kelebihan dan kekurangan android. Langsung saja, berikut :
Kelebihan: 
Jumlah Aplikasi dan games terbanyak dibanding OS smartphone lain.
Punya kontrol ketat terhadap kualitas aplikasi yang ada di apps store.
Performa & kualitas menjalankan aplikasi/games lebih bagus dibanding smartphone dengan OS lainnya.
Device-device lama bisa mendapat update OS walau secara hardware jauh tertinggal.
Pelopor could computing (media penyimpanan data secara online).
Garansi device internasional
Harga jual kembali lebih stabil.
Kekurangan:
Harga devicenya lebih mahal.
Media konektifitas seperti bluetooth & wifi sharing terbatas hanya untuk sesama perangkat iOS (bisa diakali dengan cara membeli aplikasi di apps store).
Aplikasi-aplikasi tertentu banyak terdapat versi berbayar/trial (bisa diakali dengan jailbreak dan dapat memasang aplikasi bajakan).
Harus terkoneksi dengan iTunes jika ingin share media file dengan PC atau Notebook.
Tidak ada slot micro SD dan baterai sudah built in ( tidak bisa dicopot).
Kualitas Android dan iOS
 
Salah satu faktor yang menjadikan Anda memilih sebuah mobile OS adalah aplikasi pendukungnya. Sebut saja BlackBerry App World yang memiliki dukungan aplikasi jauh lebih sedikit dibanding Google Play Store untuk Android dan Apple App Store untuk iOS devices.
Android dan iOS memang telah terbukti dalam berbagai riset menjadi mobile platform terpopuler di dunia. Keduanya bersaing secara ketat dalam berbagai hal termasuk aplikasi yang disediakan. Aplikasi olah foto Instagram, misalnya. Aplikasi ini sebelumnya hanya eksklusif untuk iPhone tapi kini akan segera tersedia untuk Android. Dengan alasan itulah, dalam sebuah riset terbarunya yang dirilis Februari kemarin, uTest mencoba menguak kualitas aplikasi yang ditawarkan Android dan iOS.
Android dikategorikan sebagai sistem operasi cukup rentang terserang virus. Meski Google telah melakukan perlindungan, perangkat masih terkena serangan malware. Google Play menjadi salah satu celah rusaknya perangkat oleh malware. Meski sudah melakukan perlindungan pada aplikasi itu, ancaman virus lain bisa datang dari mana saja, termasuk dari jaringan WiFi. Tercatat ada 32.8 juta perangkat Android yang terinfeksi virus malware tahun lalu.
Sementara, sistem keamanan iOS lebih terstruktur. Semua aplikasi yang dibuat untuk iPhone atau iPad harus melewati proses pengujian yang ketat. Memang, sempat ada laporan tentang terinfeksinya aplikasi oleh virus. Namun, Apple sudah memperbaikinya dan menjamin bahwa App Store kini sudah bersih dari virus.
Menurut orang yang sudah mencicipi iOS, mereka merasa sistem operasi milik Apple ini lebih mudah digunakan. Bahkan, untuk pemula sekali pun, mempelajari kinerja iOS cukup dengan mengklik ikon menu dan melihat fungsinya.
Tampilan iOS didisan khusus oleh perancang asal Inggris, Jony Ive. Tampilannya yangcatchy dan penuh warna dipadukan dengan disain minimalis pada ikon dan menu pada perangkat iPhone atau iPad.

Android merupakan sistem operasi yang dirancang dan dipublikasikan oleh Google,sebuah perusahaan mesin pencari dan raksasa internet,dewasa ini pabrikan ponsel dan smartphone ramai ramai memakai android sebagai Sistem operasi mereka,mengapa mereka tidak menggunakan sistem oeprasi lain ,dan mereka lebih memilih android sebagai Os yang dipakai.
Ternyata OS android terdapat kelebihan didalamnya sebagai sistem operasi saat ini,dan ada kelebihan juga pasti ada kekurangannya,namun dalam sebuah informasi yang kami dapatkan Aktifasi Android lebih banyak daripada jumlah kelahiran bayi.
Kelebihan dan Kekurangan Android yang perlu kita ketahui bersama:

Kelebihan Android :

Kekurangan/ Kelemahan Android :



Perkembangan smartphone saat ini sangat berkembang dengan pesat, berbagai fitur ditawarkan. Pada artikel tips droid ini saya mencoba untuk menuliskan review kualitas dari android dan pesaing utamanya yaitu iPhone. Mari kita berbagi bersama tentang kualitas kedua smartphone yang saat ini berkembang dengan sangat pesat.

Tertuang dalam sebuah infografis, Anda bisa mencermati bagaimana perbedaan kualitas aplikasi untuk Android dan iOS. Dari segi harga, aplikasi Android tercatat rata-rata $1,32. Angka itu lebih murah dari harga rata-rata aplikasi iOS ($3,92). Untuk aplikasi termahal, Android juga menunjukkan angka jauh lebih kecil ($200) sementara aplikasi iOS ada yang mencapai $1000!
Namun dalam hal instalasi, tercatat 40% pengguna Android yang tidak menyukai cara install aplikasi di Andorid. Hal itu bertolak belakang dengan pengguna iOS devices yang hanya menunjukkan persentase 14% saja.

Kesimpulan mana yang lebih stabil?

Dari 214 juta aplikasi yang diluncurkan selama bulan November dan Desember 2011, data Crittercism ternyata menunjukkan unggulnya jumlah aplikasi yang mengalami crash pada platform
iOS dibandingkan dengan Android. Bila Anda perhatikan jumlah total angka-angka di grafik lingkaran, maka Anda akan melihat bagaimana hampir 75 persen aplikasi pada iOS mengalami crash.
Alasan untuk terjadinya crash pada mobile OS ini tentu beragam, mulai dari iOS 5 yang masih baru di pasaran, masalah dengan hardware, konektivitas internet, keterbatasan dukungan bahasa atau bahkan masalah klasik seputar kode yang menyertai aplikasi. 
Dengan data terbaru dari Crittercism ini, Android yang telah mendapat berbagai tuduhan mulai dari fragmentasi dalam pasar Android, aplikasi yang tidak kompatibel serta penutupan aplikasi secara paksa ternyata masih lebih stabil daripada iOS
perbandingan antara dua sistem operasi tersebut. Dari hasil perbandingan di berbagai aspek, ditemukan bahwa iOS memiliki empat hal yang tidak dimiliki Android. Berikut rinciannya:
1. Lebih Aman
2. Lebih Mudah
3. Desain Menarik
Selain tampilan, desain pada iPhone 5S misalnya, terasa ringan, sederhana dan modern di genggaman. Perpaduan antara metal dan kaca membuat ponsel ini lebih solid. iPhone 5Sbahkan mengalahkan Samsung Galaxy S4 sebagai ponsel tercepat dengan sistem operasi 64-bit A7 chipset terbaru.
4. Update Tidak Terbatas
Android akan melakukan pembaruan sistem operasinya dengan meluncurkan Kit Kat 4.4 dalam waktu dekat. Terdapat lebih 100 ribu perangkat Android, mulai dari ponsel dan tablet. Tapi sayangnya, tak semua perangkat Android bisa merasakannya. Hanya sekitar 1.5 persen perangkat yang bisa menjalankan sistem operasi baru ini.
Bagi pengguna iPhone, tidak ada diskriminasi dalam pembaruan sistem operasi iOS 7. Sejak diluncurkan September lalu, semua perangkat iOS bisa meng-update dan menjalankan sistem operasi ini. Memang sempat ada gangguan untuk pengguna iOS 6 untuk upgrade ini, tapi sejak 22 Oktober lalu, Apple kembali mengupdate iOS 7 menjadi iOS 7.0.3 dan belum ada laporan gangguan dari pengguna.