Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan

Pengertian:

     Speialisasi
            Spesialisasi adalah kegiatan suatu keluarga untuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan satu macam barang atau beberapa macam barang saja.
            Kalau kebutuhan aneka macam barang atau jasa semakin banyak maka semakin besar keterlibatan keluarga yang harus mengkhususkan diri dalam memproduksi satu macam atau beberapa macam barang yang lain.
      Diferensiasi
            Diferensiasi adalah penyebaran atau dengan bahan dasar yang sama bisa dibuat beberapa macam produk, dengan cara menyerahkan ke bagian-bagian yang sudah melakukan spesialisasi.
      Misalnya: kapas dari petani , kapas dijual kepada usaha pertenunan untuk                               dijadikan kain, atau benang kemudian diserahkan ke perusahaan garmen                  untuk dijadikan baju, tas, sprei, dan sebagainya.
            Masalah yang timbul dalam barter adalah masalah bagaimana kalau barang yang dibutuhkan semakin banyak dan beraneka macam sesuai dengan perkembangan dan pertambahan penduduk. Untuk itulah maka diatasi dengan memakai alat pembayaran yang disebut sebagai uang.
            Dengan alat pembayaran uang maka mulailah kegiatan perekonomian secara modern yang ditandai dengan munculnya berbagai macam perusahaan yang melaksanakan bisnis tertentu untuk memenuhi kebutuhan manusia yang beraneka ragam tersebut.
            Perusahaan merupakan penjabaran dari kegiatan-kegiatan spesialisasi maupun diferensiasi yang dilakukan oleh masing-masing keluarga dalam perekonomian yang bersifat barter. Dengan semakin kompleknya sistem ekonomi yang ada saat ini maka timbullah berbagai macam perusahaan. Jadi apa sebenarnya pengertian perusahaan itu?.

            Perusahaan adalah suatu unit kegiatan ekonomi yang diorganisasi dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara menguntungkan.

  Tempat Kedudukan perusahaan
      Adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan, dan sebagainya.

Letak Perusahaan
            Letak perusahaan melakukan kegiatan fisik. Letak perusahaan dipengaruhi faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting yang menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya.
Faktor- faktor yang mempengaruhi biaya adalah:
1.      Harga bahan baku/ bahan pembantu
2.      Tingkat upah buruh
3.      Tanah
4.      Pajak
5.      Tingkat bunga
6.      Biaya alat produksi tahan lama
7.      Biaya atas jasa pihak ketiga

Jenis Letak Perusahaan
1.   Letak perusahaan yang terkait dengan alam yaitu,letak perusahaan yang pada umumnya  karena ketersediaan dan kemudahaan bahan baku. Perusahaan berkaitan dengan bahan- bahan tambang pada umumnya terletak daerah produksi alamnya, seperti perusahaan timah, emas, dan sebagainya.
2.    Letak perusahaan yang berdasarkan sejarah yaitu perusahaan menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena alasan yang hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah. Misalnya perusahaan batik banyak didirikan di Yogyakarta, solo, dan sebagainya.
3.    Letak perusahaan yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu, perusahaan ditetapkan letaknya atas peraturan pemerintah demi keamanan, kesehatan, dan lingkungan. Misalnya peternakan ayam tidak boleh di tengah- tengah pemukiman atau kota padat penduduk, dan sebagainya.
4.    Letak perusahaan yang dipengaruhi faktor- faktor ekonomi yaitu pemilihan letak yang bersifat industri adalah kedekatan dan ketersediaan bahan mentah, tenaga kerja, ketersediaan modal, kemudahan transportasi, serta dekat pasar dan kesesuaian iklim.

Tujuan Pendirian Perusahaan
       Secara umum tujuan pendirian perusahaan dapat dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu:
1.      Tujuan Ekonomis: berkaitan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya, dalam hal ini perusahaan menciptakan laba, menciptakan pelanggan dan menjalankan upaya- upaya pengembangan dengan memusatkan perhatiannya pada kebutuhan masyarakat dalam produk yang diinginkan.
2.      Tujuan Sosial: perusahaan diharapkan untuk memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia faktor- factor produksi, maupun masyarakat luas.
Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu, memberikan kepuasan kepada keinginan konsumen atau pelanggan.

Perusahaan Sebagai Suatu Sistem
Yang mana suatu sistem adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka mencapai tujuan tertentu.
Prusahaan adalah suatu sistem karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tujuan tertentu, antara lain keuntunan, pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun tanggung jawab sosial.

Fungsi- fungsi Perusahaan
Dalam mencapai tujuan dikenal dua fungsi perusahaan yaitu fungsi operasi dan fungsi manajement.
Yang termasuk dalam fungsi operasi yaitu:
1.      Pembelian dan produksi
2.      Pemasaran
3.      Keuangan
4.      Personalia
5.      Akuntansi
6.      Administrasi
7.      Teknologi/komputasi
8.      Transformasi dan komunikasi
9.      Pelayanan umum
10.  Hukum/ perundang- undangan dan humas
Adapun yang termasuk dalam fungsi manajement adalah:
1.      Perencanaan
2.      Pengorganisasian
3.      Pengarahan
4.      Pengendalian

Ciri- ciri Perusahaan
1.      Operatif
2.      Koordinatif
3.      Reguler
4.      Dinamis
5.      Formal
6.      Lokasi
7.      Pelayanan bersyarat

Jenis- jenis Lingkungan Perusahaan
Lingkungan Perusahaan ada 2 (dua) macam yaitu:
1.      Lingkungan eksternal perusahaan adalah faktor- faktor di luar dunia usaha yang mempengaruhi kegiatan perusahaan. Lingkungan eksternal perusahaan ini dapat dibedakan menjadi lingkungan eksternal mikro dan lingkungan eksternal makro.
2.      Lingkungan internal adalah faktor- faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi. Seperti tenaga kerja, peralatan, mesin- mesin, dan sebagainya.

Referensi:
  1. Agus arijanto, pengantar bisnis (pusat pengembangan bahan ajar_UMB)
  2. http://sakinah-febrianty.blogspot.com/2010/10/perusahaan-dan-lingkungan-perusahaan.html