Bersaing dalam bidang ekonomi seyogianya sebuah
perusahaan atau produsen harus memiliki sebuah strategi pemasaran hal ini
sangat penting sehingga perusahaan tersebut dapat mencapai tujuan yang di
inginkan dan untuk membangun sebuah usaha sudah menjadi pemahaman umum bahwa
faktor pemasaran salah satu faktor kunci keberhasilan.Kesuksesan dalam
pemasaran juga tidak datang dengan sendirinya, tetapi perlu suatu upaya yang
gigih dan perlu dilakukan pengembangan agar mendapatkan hasil yang
maksimal.
Pemasaran merupakan Kegiatan untuk menjalankan
bisnis (profi tatau non-profit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang
/jasa, menetapkan harga,mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses
pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan. Salah satu
cara yang ampun untuk mencapai keberhasilan dan strategi pemasaran perusahaan
saat ini adalah promosi. Dengan promosi, sebuah perusahaan atau individu dapat
mengembangkan dan mempertahankan usahanya. Suatu produk tidak akan di beli jika
konsumen tidak mengetahui kegunaan, keunggulan, harga, dan dimana membelinya.
Pada saat seperti inilah dibutuhkan promosi.
Selain itu, sebuah perusahaan harus menentukan
segmentasi pasar dimana perusahaan harus menilai secara kreatif dalam penentuan
sasaran yang di nilai prospektif dalam strategi pemasaran. Penentuan segmentasi
pasar dilakukan dengan cara memecah beberapa konsumen yang prospek menjadi
bagian kecil, yaitu terdiri atas :
·
Berdasarkan karakter psikografi
Tentunya akan
sangat berbeda gaya hidup antara masyarakat kota dan pedesaan sehingga itu
merupakan salah satu faktor penentuan segmentasi pasar berdasarkan gaya hidup.
Hal ini dapat dijadikan sebagai peluang bisnis karena segala penampilan dan
gaya hidup merupakan suatu hal yang terkait dengan komoditas karena keberadaan
karakter tersebut tersebut akan dipelihara terus oleh masyarakat.
·
Bedasrkan karakter demografi
Penentuan pasar
akan dipengaruhi kebiasaan pada umur-umur tertentu dalam mengonsumsi suatu
produk. Faktor kisaran umur sangatlah penting dalam menentukan konsumen yang
menjadi sasaran pemasaran walaupun semua memiliki peluang kesuksesan yang sama.
Dengan begitu karakter demografi menentukan pasar dengan mengacu produk dan umur.
·
Berdasarkan Karakter Geografi
Ketika
perusahaan ingin mencoba memasarkan produknya ke wilayah daerah maka konsep
pesanan harus sesuai dengan kekhasan daerah tersebut, sehingga faktor letak
suatu daerah menjadi bahan pertimbangan ketika menyusun strategi konsep
pemasaran.
·
Berdasarkan Karakter Variabel Penggunaan Produk
Penentuannya
berdasarkan dominan yang sedang marak di masyarakat dimana perusahaan harus
melihat suatu tren yang sedang booming, misalnya teknologi handphone yang
merupakan kebutuhan penting bagi sebagian besar masyarakat, terutama
dikota-kota besar.
Sumber :
http://www.anneahira.com/strategi-pemasaran.htm