Tulisan 9 Konsep pasar dalam penentuan strategi pemasaran produk

Bersaing dalam bidang ekonomi seyogianya sebuah perusahaan atau produsen harus memiliki sebuah strategi pemasaran hal ini sangat penting sehingga perusahaan tersebut dapat mencapai tujuan yang di inginkan dan untuk membangun sebuah usaha sudah menjadi pemahaman umum bahwa faktor pemasaran salah satu faktor kunci keberhasilan.Kesuksesan dalam pemasaran juga tidak datang dengan sendirinya, tetapi perlu suatu upaya yang gigih dan perlu dilakukan pengembangan agar mendapatkan hasil yang maksimal. 


Pemasaran merupakan Kegiatan untuk menjalankan bisnis (profi tatau non-profit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang /jasa, menetapkan harga,mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan. Salah satu cara yang ampun untuk mencapai keberhasilan dan strategi pemasaran perusahaan saat ini adalah promosi. Dengan promosi, sebuah perusahaan atau individu dapat mengembangkan dan mempertahankan usahanya. Suatu produk tidak akan di beli jika konsumen tidak mengetahui kegunaan, keunggulan, harga, dan dimana membelinya. Pada saat seperti inilah dibutuhkan promosi.

Selain itu, sebuah perusahaan harus menentukan segmentasi pasar dimana perusahaan harus menilai secara kreatif dalam penentuan sasaran yang di nilai prospektif dalam strategi pemasaran. Penentuan segmentasi pasar dilakukan dengan cara memecah beberapa konsumen yang prospek menjadi bagian kecil, yaitu terdiri atas :

·         Berdasarkan karakter psikografi

Tentunya akan sangat berbeda gaya hidup antara masyarakat kota dan pedesaan sehingga itu merupakan salah satu faktor penentuan segmentasi pasar berdasarkan gaya hidup. Hal ini dapat dijadikan sebagai peluang bisnis karena segala penampilan dan gaya hidup merupakan suatu hal yang terkait dengan komoditas karena keberadaan karakter tersebut tersebut akan dipelihara terus oleh masyarakat.

·         Bedasrkan karakter demografi

Penentuan pasar akan dipengaruhi kebiasaan pada umur-umur tertentu dalam mengonsumsi suatu produk. Faktor kisaran umur sangatlah penting dalam menentukan konsumen yang menjadi sasaran pemasaran walaupun semua memiliki peluang kesuksesan yang sama. Dengan begitu karakter demografi menentukan pasar dengan mengacu produk dan umur.

·         Berdasarkan Karakter Geografi

Ketika perusahaan ingin mencoba memasarkan produknya ke wilayah daerah maka konsep pesanan harus sesuai dengan kekhasan daerah tersebut, sehingga faktor letak suatu daerah menjadi bahan pertimbangan ketika menyusun strategi konsep pemasaran.

·         Berdasarkan Karakter Variabel Penggunaan Produk

Penentuannya berdasarkan dominan yang sedang marak di masyarakat dimana perusahaan harus melihat suatu tren yang sedang booming, misalnya teknologi handphone yang merupakan kebutuhan penting bagi sebagian besar masyarakat, terutama dikota-kota besar.

Sumber : http://www.anneahira.com/strategi-pemasaran.htm