1. Biaya dan macam biaya ?
Biaya produksi
adalah semua pengeluaran ekonomis yang harus di keluarkan untuk memproduksi
suatu barang. Biaya produksi juga merupakan pengeluaran yang di lakukan
perusahaan untuk mendapatkan faktor – faktor produksi dan bahan baku yang akan
di gunakan untuk menghasilkan suatu produk.
BIAYA (COST)
Biaya adalah semua pengorbanan yang perlu dilakukan untuk suatu proses produksi, yang dinyatakan dengan satuan uang menurut harga pasar yang berlaku, baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi.
Biaya adalah semua pengorbanan yang perlu dilakukan untuk suatu proses produksi, yang dinyatakan dengan satuan uang menurut harga pasar yang berlaku, baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi.
Macam-macam Biaya
(cost)
Biaya Pabrikasi :
-Biaya Langsung : Biaya yang langsung dalam proses produksi suatu barang, bahan baku, dll.
-Biaya Tidak Langsung : Biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi
Biaya Non-pabrikasi :
-Biaya Pemasaran yaitu biaya yang diperlukan untuk memperoleh pesanan dan menyediakan produk bagi pelanggan
-Biaya Administrasi yaitu biaya yang dibutuhkan untuk mengelola organisasi dan menyediakan dukungan bagi karyawan
Biaya Pabrikasi :
-Biaya Langsung : Biaya yang langsung dalam proses produksi suatu barang, bahan baku, dll.
-Biaya Tidak Langsung : Biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi
Biaya Non-pabrikasi :
-Biaya Pemasaran yaitu biaya yang diperlukan untuk memperoleh pesanan dan menyediakan produk bagi pelanggan
-Biaya Administrasi yaitu biaya yang dibutuhkan untuk mengelola organisasi dan menyediakan dukungan bagi karyawan
2. Jelaskan kurva biaya ?
Kurva Biaya adalah untuk membuat sebuah grafik dari biaya yang
sudah dikeluarkan kemudian membuat hasil reset dari kurva tersebut apakah
perusahaan mengalami kerugian atau tidak.
3. Jelaskan mengapa konsep biaya perlu di pertimbangkan oleh
semua organisasi – perusahaan ?
Perusahaan sebagai salah satu bentuk Organisasi Perusahaan besar
yang bergerak di bidang Jasa atau Produk, dalam memberikan pelayanan kepada
kustomer harus mengetahui dan memahami penggunanya sehingga produk atau jasa
yang dihasilkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna,kemudian jika konsep biaya
itu tidak sesuai dengan apa yang kita rencanakan atau bahkan melesat maka
perusahaan akan mengalami kerugian atau bangkrut.
4. Jelaskanbagaimanaperusahaanjikatingkatpenjualansangatrendahtetapiingintetapada
di pasar, konsepbiayasepertiapa yang perluditerapkan ?
Jika suatu perusahaan mengalami tingkat penjualan yang rendah,
sebaiknya perusahaan menggunakan Biaya Pemasaran. Biaya Pemasaran itu sendiri
adalah biaya yang digunakan untuk melakukan pemasaran, jadi saat tingkat
penjualan suatu perusahaan rendah sebaiknya perusahaan melakukan pemasaran
dengan lebih baik dan lebih bagus kualitasnya
5. Coba anda buat pengkategorian biaya ?
Biaya Penjualan : Biaya Gaji dan Komisi Penjualan; Biaya
Advertensi; Biaya Bahan Pembantu untuk bagian penjualan dan toko; Biaya
Depresiasi aktiva tetap bagian penjualan; Biaya Depresiasi alat pengangkutan
penjualan; Biaya yang berhubungan dengan bagian penjualan.
Biaya Administrasi dan Umum : Biaya Gaji Pimpinan dan Pegawai
Kantor; Biaya bahan pembantu untuk kantor; Biaya Depresiasi Aktiva tetap
kantor; Biaya Telepon, air, listrik, parkir dll.