Harapan Dari Presidnen Jokowi

Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) resmi menjadi pemimpin Indonesia setelah dilantik dalam Sidang Umum Umum MPR RI, Jakarta, Senin (20/10/2014). Banyak harapan warga Indonesia kepada presiden dan wakil presiden yang baru ini untuk lima tahun mendatang.
Saya tidak punya akses apa-apa dengan Jokowi, meskipun beliau sudah menjadi Presiden terpilih, saya tidak bakalan dapat manfaat apapun secara langsung. Tetapi secara tidak langsung, sebagai rakyat kebanyakan, saya berharap banyak dari Jokowi untuk dapat melakukan yang terbaik untuk seluruh rakyat Indonesia.
Mewujudkan masyarakat Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur, itulah tujuan besar yang harus diwujudkan oleh Jokowi dan seluruh aparat pemerintah yang telah diberi kepercayaan oleh rakyat. Tetapi sebelum itu, saya menyampaikan harapan khusus kepada Jokowi:
·         Sistem pendidikan Indonesia selama ini sangat jauh dari ideal, sebab seringkali ganti menteri ganti kebijakan. Saya berharap dengan diangkatnya Anda menjadi Presiden dapat mendongkrak kualitas pendidikan di Indonesia.
·         Hingga saat ini kasus-kasus hukum di masa lalu masih sering muncul ke permukaan untuk diselesaikan, seperti pelanggaran HAM dan kasus korupsi. Entah bagaimana cara Anda, setelah Anda presiden, ambillah kebijakan supaya semua kasus-kasus lama diselesaikan. Banyak energi bangsa ini habis mengungkit-ungkit masalah masa lalu.
·         Pada tanggal 10 Nopember kemarin Indonesia memperingati “Hari Pahlawan Nasional” akan tetapi saya melihat berita begitu banyak para pejuang veteran yang hidup dibawah garis kemiskinan. Saya berharap kepada Anda untuk membuat anggaran khusus untuk para pejuang veteran. Supaya mereka mendapat kehidupan layak dihari tua mereka. Karena tanpa mereka kita tidak akan bisa seperti ini.
“Saya berharap Jokowi-JK lebih memperhatikan warga negaranya yang berada di perbatasan negara karena kebanyakan fasilitas diberikan oleh negara tetangga, bukan negara sendiri,”dan dapat membangun Indonesia semakin baik, terutama di sisi pembangunan akhlak yang baik di masyarakat. Selain itu, menanamkan nilai-nilai kearifan lokal bagi warga masyarakat Indonesia agar bangsa ini tidak lupa akan jati dirinya karena bangsa yang besar adalah bangsa yang punya identitas kuat dan mampu menghargai budaya yang luhur.
Semoga Jokowi-JK konsisten dengan janji politiknya yaitu perbaikan disegala sektor kehidupan, perbaikan mutu pendidikan, pengembangan infrastruktur sarana dan prasarana publik, pemerataan pembangunan, dan kesejahteraan bagi masyarakat golongan menengah kebawah.
Ke depan, kata dia, hasil riset mahasiswa harus bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Bahkan riset ini juga bisa bersaing di jurnal-jurnal internasional. Diharapkan bisa menciptakan teknologi karya-karya anak bangsa. Dan yang terpenting, ujar dia, beasiswa bagi mahasiswa beprestasi benar-benar terbuka lebar. "Beasiswanya diperbanyak,".
"Untuk Jokowi dan JK, lanjutkan apa yang sudah dibangun SBY, adapun kekurangan dalam pemerintahan sebelumnya, Jokowi bisa memperbaikinya. Para koruptor diberantas, hak-hak rakyat dipertahankan. Buktikan janji, jangan hanya teori, karena Indonesia masih perlu perbaikan," ujar mahasiswa Ilmu Komunikasi, Sisi.
"Harapan untuk Jokowi dan JK, semoga Indonesia menjadi lebih baik. Bahkan bukan hanya harapan untuk pemerintahan Jokowi dan JK mereka berikan, tetapi para mahasiswa mengucapkan terimakasih atas pemerintahan SBY pada masa periodenya.
"Dalam kepemimpinan dua periodenya, SBY sudah bnyak berbuat baik bagi
negara Indonesia, tetapi masih banyak lagi diperbaiki. Masih banyaknya kasus" yang belum trselesaikan. Seperti kasus Bank Century, persoalan makelar kasus (markus), dan masih banyak lainnya, tetapi ucapan terima kasih kepada SBY,".
Oleh sebab itu, Presiden terpilih Joko Widodo sebaiknya jangan mau terjebak pada masalah politik yang tidak substansional, tapi lebih fokus pada pembangunan ekonomi dan sosial sesuai Trisakti Bung Karno dan Revolusi Mental yang digaungkannya, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan ketahanan nasional kita.
Kepemimpinan baru harus membawa harapan baru. Agar Indonesia menjadi lebih baik dan tidak dipandang rendah dan hina oleh masyarakat internasional. Sungguh, tugas dan pekerjaan yang tidak mudah.
"Pesan saya untuk SBY terimakasih sudah menjadi Presiden yang bijaksana meskipun masih banyak kekurang tapi bapak sudah berusaha untuk menjadikan Indonesia lebih baik,". "Terima kasih kepada SBY dalam pemerintahannya, karena sudah menjalankan tugas selama 10 tahun, meski banyak kekurangan tapi setidaknya sudah dapat merubah Indonesia,".